Human Resource Management (HRM)


Human Resource Management (HRM)

Apa ya yang dimaksud dengan HRM itu?
HRM ialah Bagian atau divisi dari pada organisasi yang bergerak untuk SDM yang ada di organisasi tersebut, contoh nya ialah :
1.      Bagaimana cara agar organisasi tersebut dapat mempertahankan pekerjanya?
2.      Bagaimana agar para karyawannya lebih berkompeten dibidangnya?
3.      Bagaimana organisasi terkait dapat membedakan karyawan yang berkompeten dan yang tidak?
dsb.


Ø  Mengapa HRM itu penting?

1.      Karena HRM merupakan divisi yang dibutuhkan oleh suatu organisasi dalam meng organize fungsi dari pada manajemen.
Contohnya : Memilih, melatih dan mengevaluasi dari pada pekerjaan yang ada.

2.      Sebagai alat strategi yang sangat penting
Yaitu, HRM membantu organisasi agar tetap mempunyai keunggulan kompetitif.

3.      Membantu untuk menguatkan.
Maksudnya ialah Jika perform dari pada pelatihan pekerjaan tinggi maka akan meng-upgrade cara kerja dari individual masing-masing dan juga organisasi terkait.

            Berikut ialah 7 cara untuk meng-upgrade performa SDM :
1.      Mengelola tim-tim sendiri.
2.      Pengambilan keputusan yang bersifat desentralisasi.
3.      Program perkembangan dan pelatihan.
4.      Penugasan kerja yang fleksibel.
5.      Komunikasi yang terbuka.
6.      Kompensasi berdasarkan kinerja.
7.      Kepegawaian berdasarkan kecocokan.



Ø  Proses dari pada HRM

Fungsi dari pada proses HRM

·         Memastikan bahwa karyawan yang berkompeten lah yang terpilih.
·         Menyediakan “update knowledge and skill” bagi para karyawan yang terpilih.
·         Memastikan karyawan yang berkompeten dapat dipertahankan.

Ø  Faktor Lingkungan

·         Pesatuan para Pekerja
Yaitu,  suatu organisasi yang mewakili para pekerja yang berusaha melindungi keinginannya dengan menggunakan kesepakatan.
Contohnya : Jam kerja, jam lembur, kondisi kerja.

·         Peraturan Pemerintah           
Yaitu, Membatasi kebijakan manajerial untuk merekrut, mempromosikan, dan
memberhentikan pekerjanya.

®    Mengelola SDM pada Organisasi

·         Melakukan pelatihan kepada para karyawan
·         Mengontrol dari pada jumlah karyawan jangan sampai kelebihan dan juga kekurangan (pokoknya yang berlebihan itu tidak baik)
Caranya :
1.      Mengontrol jumlahnya.
2.      Memprediksi seberapa banyak karyawan yang dibutuhkan di masa depan kelak.
3.      Membuat program untuk dapat memenuhi kebutuhan masa depan itu.

®    Current Assesment

·         Daftar terperinci dari pada SDM

Job Analysis

Job Description dan Job Specialization.
a.      Job Desription itu, apa yang dibutuhkan, bagaimana standar yang harus dimiliki pekerja pada bidang itu, dsb.
b.      Job Specialization itu, Tingkat dimana seluruh tugas dipecah menjadi bagian komponen-komponen terkecil. (sumber : BAB pertemuan sebelum UAS)

®    Meeting Future Human Resources Needs
Intinya yang saya tangkap ialah memikirkan SDM yang dibutuhkan pada masa depan kelak.

®    Recruitment and Derecruitment.
1.      Recruitment : Merekrut para pekerja yang dibutuhkan oleh organisasi terkait.
2.      Derecruitment : Tidak merekrut kembali pada divisi yang walaupun karyawan sebelumnya sudah berhenti atau pension.
3.      E-Recruiting : Merekrut via online, ex : USM STAN.

®    Selection
Berfungsi untuk memastikan kandidat yang akan direkut ke dalam organisasi.

Selecting Errors, dimana :
1.      Menolak karyawan yang berkompeten.
2.      Menerima karyawan yang tidak berkompeten.
Step dari pada Selection :
1.      Written Test.
2.      Performance simulation.
3.      Interviews.
4.      Background Investigation.
5.      Physical Examination.
6.      Realistic Job Preview (RJP)

®    Orientation

1.      Work Unit Orientation : Orientasi pada divisi nya ditempatkan (khusus)
2.      Organization Orientation : Orientasi organisasi dimana dia bekerja (umum)

®    Compensation and Benefits

1.      Benefit of a fair, effective and appropriate.
Mempertahankan karyawan yang mempunyai performa bagus.


2.      Type of Compensation
a.      Gaji
b.      Tunjangan
c.       Bonus
d.      Kesehatan

®    Career Developments

1.      Career Defined
The Sequences of position held by a person during his or her lifetime.
The Way it was.
Boundary Less career.

2.      Controlling HR Cost
Employee health-care.

Nama : Muhammad Rayhan P
           Absen : 18
               D3 KBN 1-G
0 Responses

Posting Komentar

abcs