Review Materi: PENGAMBILAN KEPUTUSAN



  

Keputusan adalah menetapkan sebuah pilihan dari dua atau lebih alternatif.

Proses pengambilan keputusan:
1. Didentifikasikan masalah apa yang terjadi, kemudian diambil kriteria untuk mengambil keputusan serta mengalokasikan bobot untuk kriteria tersebut.
2. Mengembangkan, menganalisis, dan memilih alternatif yang dapat menyelesaikan masalah.
3. Menginplementasikan pilihan dari alternatif tersebut.
4. Mengevaluasi keefektifan dari keputusan tersebut.

Tahap-tahap dalam mengambil sebuah keputusan:
1. Identifikasi Masalah
Masalah adalah suatu hal yang terjadi tidak sesuai dengan keinginan. Dalam tahap ini, manager harus mengidentifikasi masalah apa yang terjadi.


2. Identifikasi Kriteria Keputusan
Dalam proses ini, manager harus mengetahui faktor penting yang harus diperhatikan. Misalnya seperti harga, resiko yang mengikuti, dan pilihan dari kriteria tersebut harus bisa menyelesaikan masalah.

3. Pembobotan Terhadap Kriteria
Di tahap ini, kriteria diurutkan berdasarkan prioritasnya dan diberi nilai sesuai dengan pengaruh kriteria tersebut terhadap masalah.

4. Mengembangkan Alternatif
Mengidentifikasi alternatif-alternatif yang memungkinkan utuk mengatasi masalah.

5. Menganalisis Alternatif
Menganalisis alternatif yang berdasarkan pada langkah 2 dan 3.

6. Memilih Alternatif
Setelah alternatif diberi nilai sesuai dengan pengaruhnya terhadap kriteria, maka pemilihan ini diambil berdasarkan bobot yang paling tinggi.

7. Menginplementasikan Alternatif
Dalam tahap ini, manager harus menjelaskan mengapa ia memilih alternatif tersebut dan harus dapat mempertangungjawabkan keputusannya tersebut.

8. Mengevaluasi Alternatif
Pada tahap ini, manager harus mengevaluasi seberapa efektif keputusan tersebut diambil.

Unsur-unsur keputusan
1. Rasional
Keputusan harus bersifat objektif dan logis. Manager harus bersikap hati-hati dalam mengidentifikasi masalah dan mengidentifikasi alternatif-alternatif pilihan. Jangan sampai seorang manager mengambil keputusan karena "personal interest".
2. Rasional yang mengikat
Sesuatu yang sudah tahu salah, namun tetep kita ambil. Contoh: seseorang yang mendaftar beasiswa ke luar negeri membutuhkan penerjemah ijazah. Nah penerjemah ijazah bisa dilakukan di kampus asal. Namun jika waktu untuk melakukan hal tersebut tidak memungkinkan, orang tersebut dapat menggunakan jasa tranlator bersumpah.

Tipe Tipe Masalah dan Keputusan
1. Masalah yang terstruktur dan keputusan yang terprogram
Masalah yang terjadi sudah rutin dan keputusan untuk masalah tersebut sudah ada.
2. Masalah tak terstruktur dan keputusan tidak terprogram

RIDWAN HERIANSYAH PUTRA (25)
NPM: 143010004527

0 Responses

Posting Komentar

abcs