PENGORGANISASIAN (ORGANIZING)


v  Pengorganisasian
Pengorganisasian adalah memutuskan bagaimana cara terbaik untuk mengelompokkan aktivitas dan Sumber Daya organisasi.

v  Meliputi :
1.       Merancang pekerjaan
2.       Mengelompokkan pekerjaan
3.       Menciptakan hubungan pelaporan
4.       Mendistribusikan otoritas

5.       Mengkoordinasikan aktivitas
6.       Membedakan berbagai posisi

v  Merancang Pekerjaan
Menentukan tanggung jawab individu yang berhubungan dengan pekerjaan masing-masing (Spesialisasi Pekerjaan).
Spesialisasi pekerjaan adalah tingkat dimana keseluruhan tugas dalam suatu organisasi dipecah dan dibagi menjadi komponen-komponen yang lebih kecil.
·         Keuntungan dari Spesialisasi pekerjaan :
1.       Pekerja yang melaksanakan tugas kecil dan sederhana akan menjadi lebih pandai di bidangnya.
2.       Waktu perpindahan antar tugas menurun.
3.       Mudah mengembangkan peralatan khusus untuk membantu pekerjaan tersebut.
4.       Biaya akibat pergantian karyawan lebih murah.
·         Keterbatasan dari Spesialisasi pekerjaan :
·         Pekerja menjadi cepat merasa bosan dan puas.
·         Antisipasi pada keterbatasan :
1.       Job Rotation à dengan merotasi pekerjaan yang telah diberikan pekerja.
2.       Job Enlargement à dengan menambah porsi pekerjaan pada pekerja.
3.       Job Enrichment à dengan menambah tugas dan tanggung jawab pada pekerja.

v  Mengelompokkan Pekerjaan
Pengelompokan kegiatan-kegiatan kerja suatu organisasi secara terstruktur (Departementalisasi).
Macam-macam Departementalisasi :
·         Fungsional
Mengelompokkan fungsi yang sama untuk membentuk suatu organisasi.
Ciri-ciri :
a.       Menciptakan efisiensi melalui spesialisasi.
b.      Memusatkan keahlian organisasi.
c.       Menciptakan konflik antar fungsi.
d.      Kemacetan palaksanaan tugas.
e.      Berpandangan sempit dan kurang inovatif.
·         Divisional
Mengikuti pembagian divisi atas dasar produk, lokasi, dan pelanggan.
·         Matriks
Tersusun atas 1 atau lebih tipe-tipe departementalisasi lain dan bermaksud mengkombinasikan kebaikan dari tipe fungsional dan devisional.

v  Menciptakan Hubungan Pelaporan
·         Memiliki 2 komponen :
1.       Kesatuan Komando à setiap orang dalam suatu organisasi harus memiliki suatu hubungan pelaporan yang jelas.
2.       Prinsip Scalar à harus tercipta suatu jalur yang jelas dan tidak terputus yang menghubungkan posisi terendah hingga posisi tertinggi dalam suatu organisasi.
·         Prinsip :
1.       Otoritas
2.       Tanggung jawab
3.       Kesatuan komando
·         Rentang manajemen :
        Jumlah bawahan yang dapat dikendalikan secara efektif oleh seorang manajer.
o   Alasan diperlukan rentang manajemen :
a.       Menggunakan penggunaan efisiensi dari manajer dan pelaksanaan kerja yang efektif dari bawahan.
b.      Ada hubungan antara rentang manajemen di seluruh organisasi dan struktur organisasi.
1.       Rentang Luas :
a.       Mempercepat waktu penyebaran informasi.
b.      Mengurangi kemungkinan distorsi informasi.
c.       Penggunaan Sumber Daya manajer menjadi efisien.
2.       Rentang Sempit :
a.       Murah dan produktivitas meningkat dalam organisasi kecil.
b.      Jika terlalu lebar manajer tidak dapat menjalankan fungsinya secara efektif.

v  Mendistribusikan Otoritas
·         Otoritas : kekuasaan yang telah disahkan dalam organisasi untuk melakukan sesuatu/memerintah orang lain terkait pencapaian tujuan organisasi.
·         Pendelegasian : proses pelimpahan sebagian beban kerja total seorang manajer kepada orang lain.
·         Desentralisasi : otoritas milik manajer-manajer di bawah manajer puncak di seluruh organisasi.
·         Sentralisasi : otoritas milik manajer puncak saja.

v  Mengkoordinasikan Aktivitas
·         Ketergantungan :
1.       Terpusat à Divisional
2.       Berurutan à Fungsional
3.       Timbal balik

v  Membedakan Berbagai Posisi
·         Staff : individu/kelompok dalam suatu struktur organisasi yang memiliki fugsi utama untuk memberikan saran dan pelayanan kepada fungsi lini.

·         Lini : individu/kelompok yang melakukan pekerjaan pokok organisasi.

    Oleh : Firmansyah Wahyu Pratama
    Kelas : 1G
0 Responses

Posting Komentar

abcs