Do You Know : Communication ???



HAIIIIII!!!!! Assalamualaikum…..

PENGERTIAN
Komunikasi adalah proses pengiriman informasi atau pesan antara dua orang atau lebih dengan cara yang efektif, sehingga informasi atau pesan yang disampaikan dapat dimengerti. Di dalam komunikasi, ada dua pihak yang terlibat yaitu:
·         Komunikator      : orang yang menyampaikan informasi atau pesan
·         Komunikan         : orang yang menerima informasi atau pesan.
Selain dua tersebut dalam suatu komunikasi harus ada berita/ pesan/ informasi yang akan disampaikan.
Dalam berkomunikasi, keberhasilan komunikator atau komunikan sangat dipengaruhi olehbeberapa factor yaitu cakap, pengetahuan, sikap, system social, dan kondisi lahiriah.


PROSES KOMUNIKASI

1.       Sumber, yaitu orang yang memberikan informasi/pesan / berita. Bisa disebut juga sebagai komunikan
2.       Encoding, yaitu mengubah berita ke symbol-simbol verbal atau nonverbal yang bisa memindahkan informasi yang disampaikan
3.       Transmitting the message, yaitu pilihan komunikator terhadap media dalam penyampaian informasi baik secara lisan maupun tertulis
4.       Penerima berita, penerimaan berita oleh komunikator terhadap komunikan
5.       Decoding, yaitu penerjemahan kembali symbol-simbol oleh komunikan
6.       Feedback , yaitu tanggapan komunikan melalui komunikasi yang selanjutnya akan diteruskan ke komunikator atau orang lain.

FUNGSI KOMUNIKASI:

1.       Kendali                                                 : komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh pekerja.
2.       Motivasi                                               : komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada pekerja apa yang harus dilakukan, bagaimana mereka bekerja yang baik, dan apa yang dapat dilakukan untuk memeprbaiki kinerja apabila itu di bawah standar
3.       Pengungkapan emosional            : bagi banyak karyawan kelompok kerjamereka merupakan sumber utama untuk interaksi social, komunikasi yang terjadi di dalam kelompok itu merupakan mekanisme fundamental dengan mana angota-anggota menunjukkan kekecewaandan rasa puas mereka oleh karena itu komunikasi menyiarkan ungkapanemosional dari perasaan dan pemenuhan kebutuhan social
4.       Informasi                                             : komunikasi memberikan informasi yang diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data guna mengenai dan menilai pilihan-pilihan alternative.

TUJUAN KOMUNIKASI

1.       Saling member dan menerima
2.       Mempengaruhi orang lain
3.       Menolong orang lain
4.       Menyelesaikan masalah

BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI

1.       Komunikasi vertical , adalah proses komunikasi dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas. Dari atasan ke bawahan atau dari bawahan ke atasan, secara timbale balik
2.       Komunikasi horizontal, adalah proses komunikasi yang dilakukan secara mendatar. Contohnya, komunikasi antar karyawan. Biasanya komunikasi ini bersifat tidak formal.
3.       Komunikasi diagonal, atau sering komunikasi silang yaitu komunikasi antara seseorang dengan orang lain yang berbeda jabatannya.

HAMBATAN KOMUNIKASI

1.       Faktor Organisasi
a.       Tingkat hierarki
·   Bila suatu organisasi tumbuh,strukturnya berkembang, akan menimbulkan berbagai masalah komunikasi . Setiap tingkatan dalam komunikasi dapat menambah , mengurangi, merubah atau sama sekali berbeda dengan berita aslinya.

b.      Wewenang
·   Informasi dari manajer yang tidak sepenuhnya di sampaikan sepenuhnya kepada bawahan
c.       Spesialisasi
·   Perbedaan fungsi, kepentingan, dan istilah-istilah pekerjaan dapat membuat orang-orang merasa bahwa mereka hidup dalam dunia yang berbeda. Sehingga, menghalangi perasaan memasyarakat, membuat sulit memahami, dan mendorong terjadinya kesalahan-kesalahan.

2.       Faktor Individu
a.       Persepsi selektif,
·   Penerima akan menginterpretasikan berita berdasarkan pengalaman pribadi.
·   Penerima akan menginterpretasikan berita dengan cara menolak setiap perubahan.
·   Penerima akan cenderung membuat pola-pola menyeluruh.
b.      Status Komunikator,
·   Kecenderungan untuk menilai, mempertimbangkan dan membentuk pendapat atas dasar karakteristik pengirim atau sumber, terutama kredibilitasnya.
c.       Pendengaran lemah,
·   Meliputi:
·   Mendengar hanya permukaannya saja.
·   Memberikan pengaruh.
·   Menunjukan tanda-tanda kejengkelan.
·   Mendengar dengan tidak aktif.
d.      Keadaan Membela Diri,
·   Di saat masing-masing pembawa informasi saling mempertahankan argumen yang sama terhadap informasi yang sama.
e.      Ketidaktepatan Penggunaan Bahasa
·   Penggunaan Kata-kata yang digunakan yang menyebabkan pengartian ganda “ambigu”.

KOMUNIKASI YANG EFEKTIF

1.       Kesamaan Istilah
2.       Spesifik
3.       Tersusun Baik
4.       Objektiv, akurat, actual
5.       Efisien
6.       Adanya Feedback

Sekian, Wassalamualaikum….

Oleh : Rizky Shara Ariyani
1 Response
  1. abryannafahmy Says:

    Casino Review - Bonuses, Payouts and Bonus in 2021
    Welcome bonuses for new players and existing customers are generous and secure, as a bonus. These are offered as a welcome bonus, but you can Casino 영주 출장샵 Promotion: Casinos Bonuses, Payouts and 문경 출장안마 PromotionsMin Deposit: $10Withdrawal Times: 에그 벳 EWallets: 경산 출장마사지 24-48 용인 출장마사지 hours; Card Deposits: InstacartayWithdrawal Times: EWallets: 24-48 hours; Card Deposits: Instacartay

Posting Komentar

abcs