PENGERTIAN
Komunikasi adalah proses pengiriman
informasi atau pesan antara dua orang atau lebih dengan cara yang efektif,
sehingga informasi atau pesan yang disampaikan dapat dimengerti. Di dalam
komunikasi, ada dua pihak yang terlibat yaitu:
·
Komunikator : orang yang menyampaikan informasi atau
pesan
·
Komunikan : orang yang menerima informasi atau
pesan.
Selain dua tersebut dalam suatu komunikasi
harus ada berita/ pesan/ informasi yang akan disampaikan.
Dalam berkomunikasi, keberhasilan
komunikator atau komunikan sangat dipengaruhi olehbeberapa factor yaitu cakap,
pengetahuan, sikap, system social, dan kondisi lahiriah.
PROSES KOMUNIKASI
1.
Sumber, yaitu orang yang
memberikan informasi/pesan / berita. Bisa disebut juga sebagai komunikan
2.
Encoding, yaitu mengubah berita
ke symbol-simbol verbal atau nonverbal yang bisa memindahkan informasi yang
disampaikan
3.
Transmitting the message, yaitu
pilihan komunikator terhadap media dalam penyampaian informasi baik secara
lisan maupun tertulis
4.
Penerima berita, penerimaan
berita oleh komunikator terhadap komunikan
5.
Decoding, yaitu penerjemahan
kembali symbol-simbol oleh komunikan
6.
Feedback , yaitu tanggapan
komunikan melalui komunikasi yang selanjutnya akan diteruskan ke komunikator atau
orang lain.
FUNGSI KOMUNIKASI:
1.
Kendali :
komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku anggota dalam beberapa cara,
setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus
dipatuhi oleh pekerja.
2.
Motivasi :
komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada pekerja apa
yang harus dilakukan, bagaimana mereka bekerja yang baik, dan apa yang dapat
dilakukan untuk memeprbaiki kinerja apabila itu di bawah standar
3.
Pengungkapan emosional : bagi banyak karyawan kelompok kerjamereka
merupakan sumber utama untuk interaksi social, komunikasi yang terjadi di dalam
kelompok itu merupakan mekanisme fundamental dengan mana angota-anggota
menunjukkan kekecewaandan rasa puas mereka oleh karena itu komunikasi
menyiarkan ungkapanemosional dari perasaan dan pemenuhan kebutuhan social
4.
Informasi :
komunikasi memberikan informasi yang diperlukan individu dan kelompok untuk
mengambil keputusan dengan meneruskan data guna mengenai dan menilai
pilihan-pilihan alternative.
TUJUAN KOMUNIKASI
1.
Saling member dan menerima
2.
Mempengaruhi orang lain
3.
Menolong orang lain
4.
Menyelesaikan masalah
BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI
1.
Komunikasi vertical , adalah
proses komunikasi dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas. Dari atasan ke
bawahan atau dari bawahan ke atasan, secara timbale balik
2.
Komunikasi horizontal, adalah
proses komunikasi yang dilakukan secara mendatar. Contohnya, komunikasi antar
karyawan. Biasanya komunikasi ini bersifat tidak formal.
3.
Komunikasi diagonal, atau
sering komunikasi silang yaitu komunikasi antara seseorang dengan orang lain
yang berbeda jabatannya.
HAMBATAN KOMUNIKASI
1.
Faktor Organisasi
a.
Tingkat hierarki
·
Bila suatu organisasi
tumbuh,strukturnya berkembang, akan menimbulkan berbagai masalah komunikasi .
Setiap tingkatan dalam komunikasi dapat menambah , mengurangi, merubah atau
sama sekali berbeda dengan berita aslinya.
b.
Wewenang
·
Informasi dari manajer yang
tidak sepenuhnya di sampaikan sepenuhnya kepada bawahan
c.
Spesialisasi
·
Perbedaan fungsi, kepentingan,
dan istilah-istilah pekerjaan dapat membuat orang-orang merasa bahwa mereka
hidup dalam dunia yang berbeda. Sehingga, menghalangi perasaan memasyarakat,
membuat sulit memahami, dan mendorong terjadinya kesalahan-kesalahan.
2.
Faktor Individu
a.
Persepsi selektif,
·
Penerima akan menginterpretasikan
berita berdasarkan pengalaman pribadi.
·
Penerima akan
menginterpretasikan berita dengan cara menolak setiap perubahan.
·
Penerima akan cenderung membuat
pola-pola menyeluruh.
b.
Status Komunikator,
·
Kecenderungan untuk menilai,
mempertimbangkan dan membentuk pendapat atas dasar karakteristik pengirim atau
sumber, terutama kredibilitasnya.
c.
Pendengaran lemah,
·
Meliputi:
·
Mendengar hanya permukaannya
saja.
·
Memberikan pengaruh.
·
Menunjukan tanda-tanda
kejengkelan.
·
Mendengar dengan tidak aktif.
d.
Keadaan Membela Diri,
·
Di saat masing-masing pembawa
informasi saling mempertahankan argumen yang sama terhadap informasi yang sama.
e.
Ketidaktepatan Penggunaan
Bahasa
·
Penggunaan Kata-kata yang
digunakan yang menyebabkan pengartian ganda “ambigu”.
KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
1.
Kesamaan Istilah
2.
Spesifik
3.
Tersusun Baik
4.
Objektiv, akurat, actual
5.
Efisien
6.
Adanya Feedback
Sekian,
Wassalamualaikum….
Oleh : Rizky Shara Ariyani
Casino Review - Bonuses, Payouts and Bonus in 2021
Welcome bonuses for new players and existing customers are generous and secure, as a bonus. These are offered as a welcome bonus, but you can Casino 영주 출장샵 Promotion: Casinos Bonuses, Payouts and 문경 출장안마 PromotionsMin Deposit: $10Withdrawal Times: 에그 벳 EWallets: 경산 출장마사지 24-48 용인 출장마사지 hours; Card Deposits: InstacartayWithdrawal Times: EWallets: 24-48 hours; Card Deposits: Instacartay