Materi yang akan dibahas dalam blog manajemen pada kesempatan kali ini adalah tentang komunikasi,mungkin jika kita ditanya apakah komunikasi itu? Kita akan menjawab dengan sederhara, seperti hubungan kita dengan orang lain, berbincang dengan orang lain,dll.tapi apakah komunikasi sesederhana itu saja? Jawabanya tidak, karena komunikasi jauh lebih luas dari hanya sekedar berbincang dengan orang lain saja. Untuk mengetauhi betapa luasnya pembahasan komunikasi, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu komunikasi?
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan,ide,gagasan) dari satu pihak ke pihak lainya.
Setelah kita mengetahui pengertian dari komunukasi hal berikutnya yang harus kita ketahui adalah unsur unsur dari komunikasi, karena meskipun setiap orang melakukan komunikasi setiap hari mungkin saja mereka tidak tahu apa saja yang harus ada dalam komunikasi, Unsur unsur tersebut adalah
1. Kegiatan (kegiatan membuat orang lain mengerti)
2. Sarana (sarana pengaliran informasi)
3. Sistem (sistem terjalinya individu dengan individu lain)
Proses-proses yang dilakukan saat berkomunikasipun terbilang cukup sederhana,karena untuk melakukan suatu komunikasi langkah langkah yang perlu dilakukan adalah,
Sumber (orang yang memberikan informasi)
Encoding (bentuk penyampaian informasi)
Transmiting the messsage (proses penyampaian informasi)
Penerima berita
Decoding (penerima memahami informasi)
Feedback (antara pemberi dan penerima informasi)
Dimana proses-proses tersebut harus dilakukan berurutan dan tidak boleh ada yang terlewat untuk terciptanya komunikasi yang baik. Dan yang terpenting dari suatu komunikasi adalah apakah tujuan dari pemberi informasi sudah tercapai atau belum,karena tiap orang pasti mempunya tujuan yang berbeda atas komukasi yang mereka lakukan,penggolongan tujuan komunikasi dibedakan sebagai berikut
• Saling memberi dan menerima informasi
• Mempengaruhi orang lain (promosi)
• Menolong orang lain (melayani pelanggan)
• Menyelesaikan masalah (dalam rapat)
Pembasan berikutnya adalah dalam bentuk apakah suatu komunikasi dapat dilakukan,bentuk komunikasi secara umum dapat kita bedakan menjadi dua, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal,dimana ke dua komunikasi tersebut mempunyai kekurangan dan kelebihanya masing masing yang secara sederhana dapat di jelaskan dengan :
Verbal = yaitu komukasi berupa lisan dan tulisan
a) Lisan
Kelebihan : informasi cepat tersampaikan serta cepat mendapat feedback dari penerima informasi
Kekurangan : bisa terjadi kesalahan informasi pada penerima informasi
b) Tulisan
Kelebihan : informasi lebih jelas serta serta kemungkinan penyimpangan informasi lebih kecil.
Kekurangan : relatif lebih lama menerima feedback dari penerima informasi.
Non verbal = yaitu komunikasi berupa isyarat atau gerakan, seperti anggukan, gelengan, dll. Dapat dilakukan bersamaan dengan komunikasi vebal ataupun tidak.
Tetapi dalam berkomunikasi ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan proses komunikasi tidak berjalan dengan baik maupun efektif, hambatan tersebut di golongkan menjadi dua faktor yaitu :
Faktor organisasi
1. Tingkat hirarki, dimana di beberapa organisasi para staff bawah sering kali kesulitan berkomunikasi dengan atasanya
2. Wewenanng manajerial
3. Spesialisasi, yaitu perbedaan fungsi kerja organisasi dimana tidak semua divisi kerja memahami fungsi kerja dari divisi kerja lainya
Faktor individu
1. Persepsi selektif, yaitu setiap orang memiki persepsi yang berbeda untuk menerima informasi yang diterima berdasarkan pengalaman yang ia miliki.
2. Pendengaran yang lemah, misalnya karna faktor usia.
3. Ketidaktepatan bahasa, penggunaan bahasa yang tidak efektif atau menggunakan bahasa daerah yang tidak dimengerti semua orang.
4. Keadaan membela diri,karena tidak semua informasi akan diterima oleh seorang pendengar.
Berdasarkan penjelasan penjelasan di atas kita dapat mulai memahami bahwa komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai cara serta harus melaui beberapa proses dan juga menanggulangi berbagai hambatan sebelum tujuan komunikasi akhirnya terlaksana dengan baik. Untuk itulah dibuat kriteria yang dapat menggambarkan apakah komukasi sudah terlaksana dengan baik atau tidak. Kriteria tersebut dimuat dalam Ciri ciri komunikasi efektif :
Yaitu suatu komunikasi dikatakan telah berjalan dengan baik/efektif jika syarat syarat berikut terpenuhi dengan baik
Kesamaan istilah : pemberi infomasi menggunakan bahasa yang dimengerti oleh penfengarnya.
Spesifik : maksud dari informasi yang disampaikan harus jelas
Objekti,aktual,dan akurat : informasi yang disamapaikan merupakan informasi baru yang masih berlaku.
Efisien : infomasi yang disampaikan tidak boros menggunkan kata, atau hanya menggunakan kata yang di butuhkan saja
Adanya feedback
Sekaranng kita dapat mengetahui bahwa komunikasi memang tidak sesedarhana dengan kita berbincang dengan orang lain dan yang kita bayangkan selama ini, tapi ada perlu banyak hal yang kita harus perhatikan dalam berkomunikasi,sekian yang dapat saya jelaskan untuk semua kekuranganya mohon dapat dimaklumi karena saya juga masih dalam proses pembelajaran,wassalamuakum warahmatullahi wabarakatuh.
Ciledug 8 februari 2015
Dzulfiqar Ghooziyarrahman
Posting Komentar