REVIEW KULIAH MANAJEMEN (7 Okt 2014)



REVIEW KULIAH MANAJEMEN
7 Oktober 2014
Bpk. Fahrizal Ali Adkha

Pembuka pada pertemuan hari ini adalah review pelajaran sebelumnya mengenai organisasi , manajemen , organisasi dan bisnis serta keterkaitan antar ketiganya. Dimulai dari definisi
1.      Organisasi adalah kumpulan 2 orang atau lebih yang bekerja sama , terstruktur dan terkoordinasi dan memiliki tujuan yang sama
2.      Manajemen adalah proses untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan sistematisdengan melakukan fungsi manajemen yaitu planning, organizing , actuating/ leading dan controlling untuk memanfaatkan sumber daya yang ada secara efisien dan efektif
.
3.      Bisnis yang berakar kata dari busy , memiliki pengertian yaitu kegiatan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang yang menciptakan nilai ( create value ) baik itu barang ataupun jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh profit atau keuntungan
Keterkaitan antara organisasi dan manajemen adalah, organisasi merupakan wadah untuk melakukan kegiatan manajemen dimana manajemen itu adalah suatu proses atau caranya agara nantinya organisasi tersebut dapat mencapai tujuan (goals) dengan efisien dan efektif. Perlu diketahui bahwa tujuan dari suatu organisasi bisa saja profit atau non profit. Sedangkan bisnis tujuannya sudah dipastikan adalah untuk memperoleh keuntungan/profit.
Berbicara tentang bisnis kita, ada fator-faktor yang mempengaruhi pasanga surut iklim bisnis diantaranya :
·         Investasi
 Contoh dari investasi yang bisa mempengaruhi iklim bisnis adalah semakin meningkatanya investasi pada  suatu perusahaan, maka perusahaan itu memperoleh modal yang lebih besar untuk usahanya, sehingga bisa  meningkatkan prouksi usahanya yang kemudian berefek terhadap dibutuhkannya rekruitmen pekerja baru  yang dapat mengurangi pengangguran, dan pada akhirnya nanti kesejahteraan masyarakat sekitar menjadi  lebih baik. Ini disebut dengan multiplier effect
·         Tabungan
 Tabungan dalam jangka pendek berpengaruh negative pada iklim bisnis, karena apabila orang lebih memilih  untuk menabung daripada mengembangkan usaha yang dikelolanya maka multiplier effect tidak tercapai
·          Pemerintah
 Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa pemerintah dapat mempengaruhi iklim bisnis ekonomi melalui      kebijikan fiscal dan kebijakan moneternya
·         Inflasi
·         Produktifitas
·         Pengangguran
 Banyaknya pengangguran juga berefek negative pada iklim bisnis karena bisa menyebabkan meningkatnya  masalah social ekonomi dan kriminalitas.

MANAJER DAN MANAJEMEN

Manajemen adalah proses untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan sistematisdengan melakukan fungsi manajemen yaitu planning, organizing , actuating/ leading dan controlling untuk memanfaatkan sumber daya yang ada secara efisien dan efektif.
Manajemen merupakan perpaduan antara ilmu science dan seni. Mengapa dikatakan science? karena dalam manajemen contohnya juga dipelajari bagaimana cara mengambil keputusan dan cara mengambil keputusan itu dipelajari dengan teoritis. Dan mengapa dikatakan seni? Karena didalam manajemen dibutuhkan kreatifitas dalam menyelesaikan masalah dan mengembangkan komunikasi interpersonal yang baik

 SARANA MANAJEMEN
 Pada awalnya sarana manajemen hanya terdiri dari
·          Men
·          Money
·          Material
·          Method 

 Namun sekarang sarana manajemen berkembang menjadi
·          Men
·          Money
·          Material
·          Method
·          Machine
·          Market  yang dimaksud disini adalah  pelanggan / konsumen

FUNGSI MANAJEMEN
·        Plannning : merencanakan tujuan tertentu dan cara untuk mencapai tujuan tersebut
·        Organizing : mengetahui apa yang dibutuhkan, bagaimana menyelesaikan pekerjaan, dan menentukan  siapa yang melakukan pekerjaan tersebut
·        Leading: memotivasi, mengarahkan, memimpin dan mempengaruhi orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik
·        Controlling: mengawasi jalannya kegiatan agar tercapai tujuan yang direncanakan

MANAJER
Manajer adalah orang yang mengkoordinasikan dan melakukan pengawasan terhadap pekerjaan orang lain agar tujuan yang direncanakan tercapai 

TINGKATAN MANAJER
BIDANG DALAM ORGANISASI 


PERAN MANAJERIAL  MENURUT HENRY MINTZBERG
1.      INTERPERSONAL ROLES
·        SIMBOL/ FIGUREHEAD
·        PEMIMPIN/ LEADER
·        PENGHUBUNG/ LIAISON
2.      INFORMATION ROLES
·        MENGAWASI INFORMASI / MONITOR
·        PENYEBAR INFORMASI/ DISSEMINATOR
·        JURU BICARA/ SPOKESPERSON
3.      DECISIONAL ROLES
·        INISIATOR PERUBAHAN/ ENTERPRENEUR
·        PENENGAH KERIBUTAN/ DISTURBANCE HANDLER
·        RESOURCE ALLOCATER
·        NEGOTIATOR

KEAHLIAN MANAJER
1.      Konseptual , biasanya harus dimiliki oleh top manager
2.      Teknis, biasanya dimilki oleh first line manager
3.      Interpersonal skills, dimiliki oleh ketiga tingkat manager karena berkaitan dengan human skills
4.      Administrative skills


Nama: Nabillah Rahma
NPM  : 143010004481
Kelas : 1-G
0 Responses

Posting Komentar

abcs