REVIEW KULIAH
MANAJEMEN
7 Oktober 2014
Bpk. Fahrizal Ali
Adkha
Pembuka pada pertemuan hari ini adalah review pelajaran
sebelumnya mengenai organisasi , manajemen , organisasi dan bisnis serta
keterkaitan antar ketiganya. Dimulai dari definisi
1.
Organisasi adalah kumpulan 2 orang atau lebih
yang bekerja sama , terstruktur dan terkoordinasi dan memiliki tujuan yang sama
2.
Manajemen adalah proses untuk mencapai suatu
tujuan tertentu dengan sistematisdengan melakukan fungsi manajemen yaitu
planning, organizing , actuating/ leading dan controlling untuk memanfaatkan
sumber daya yang ada secara efisien dan efektif
.
.
3.
Bisnis yang berakar kata dari busy , memiliki
pengertian yaitu kegiatan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang
yang menciptakan nilai ( create value ) baik itu barang ataupun jasa untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh profit atau keuntungan
Keterkaitan antara organisasi dan
manajemen adalah, organisasi merupakan wadah untuk melakukan kegiatan manajemen
dimana manajemen itu adalah suatu proses atau caranya agara nantinya organisasi
tersebut dapat mencapai tujuan (goals) dengan efisien dan efektif. Perlu
diketahui bahwa tujuan dari suatu organisasi bisa saja profit atau non profit.
Sedangkan bisnis tujuannya sudah dipastikan adalah untuk memperoleh
keuntungan/profit.
Berbicara tentang bisnis kita, ada
fator-faktor yang mempengaruhi pasanga surut iklim bisnis diantaranya :
· Investasi
Contoh dari investasi yang bisa
mempengaruhi iklim bisnis adalah semakin meningkatanya investasi pada suatu
perusahaan, maka perusahaan itu memperoleh modal yang lebih besar untuk
usahanya, sehingga bisa meningkatkan prouksi usahanya yang kemudian berefek
terhadap dibutuhkannya rekruitmen pekerja baru yang dapat mengurangi
pengangguran, dan pada akhirnya nanti kesejahteraan masyarakat sekitar menjadi lebih baik. Ini disebut dengan multiplier effect
· Tabungan
Tabungan dalam jangka pendek berpengaruh
negative pada iklim bisnis, karena apabila orang lebih memilih untuk menabung
daripada mengembangkan usaha yang dikelolanya maka multiplier effect tidak
tercapai
· Pemerintah
Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa
pemerintah dapat mempengaruhi iklim bisnis ekonomi melalui kebijikan fiscal dan
kebijakan moneternya
· Inflasi
· Produktifitas
· Pengangguran
Banyaknya pengangguran juga berefek
negative pada iklim bisnis karena bisa menyebabkan meningkatnya masalah social
ekonomi dan kriminalitas.
MANAJER DAN MANAJEMEN
Manajemen adalah proses untuk
mencapai suatu tujuan tertentu dengan sistematisdengan melakukan fungsi
manajemen yaitu planning, organizing , actuating/ leading dan controlling untuk
memanfaatkan sumber daya yang ada secara efisien dan efektif.
Manajemen merupakan perpaduan
antara ilmu science dan seni. Mengapa dikatakan science? karena dalam manajemen
contohnya juga dipelajari bagaimana cara mengambil keputusan dan cara mengambil
keputusan itu dipelajari dengan teoritis. Dan mengapa dikatakan seni? Karena didalam
manajemen dibutuhkan kreatifitas dalam menyelesaikan masalah dan mengembangkan
komunikasi interpersonal yang baik
SARANA MANAJEMEN
Pada awalnya sarana manajemen hanya terdiri dari
· Men
· Money
· Material
· Method
Namun sekarang sarana manajemen berkembang menjadi
· Men
· Money
· Material
· Method
· Machine
· Market
yang dimaksud disini adalah
pelanggan / konsumen
FUNGSI MANAJEMEN
·
Plannning : merencanakan tujuan tertentu dan
cara untuk mencapai tujuan tersebut
·
Organizing : mengetahui apa yang dibutuhkan,
bagaimana menyelesaikan pekerjaan, dan menentukan siapa yang melakukan pekerjaan tersebut
·
Leading: memotivasi, mengarahkan, memimpin dan
mempengaruhi orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik
·
Controlling: mengawasi jalannya kegiatan agar
tercapai tujuan yang direncanakan
MANAJER
Manajer adalah orang yang
mengkoordinasikan dan melakukan pengawasan terhadap pekerjaan orang lain agar
tujuan yang direncanakan tercapai
TINGKATAN MANAJER
BIDANG DALAM ORGANISASI
PERAN MANAJERIAL
MENURUT HENRY MINTZBERG
1.
INTERPERSONAL ROLES
·
SIMBOL/ FIGUREHEAD
·
PEMIMPIN/ LEADER
·
PENGHUBUNG/ LIAISON
2.
INFORMATION ROLES
·
MENGAWASI INFORMASI / MONITOR
·
PENYEBAR INFORMASI/ DISSEMINATOR
·
JURU BICARA/ SPOKESPERSON
3.
DECISIONAL ROLES
·
INISIATOR PERUBAHAN/ ENTERPRENEUR
·
PENENGAH KERIBUTAN/ DISTURBANCE HANDLER
·
RESOURCE ALLOCATER
·
NEGOTIATOR
KEAHLIAN MANAJER
1.
Konseptual , biasanya harus dimiliki oleh top
manager
2.
Teknis, biasanya dimilki oleh first line manager
3.
Interpersonal skills, dimiliki oleh ketiga
tingkat manager karena berkaitan dengan human skills
4.
Administrative skills
Nama: Nabillah Rahma
NPM : 143010004481
Kelas : 1-G
Posting Komentar